Anggota Koramil Karangjati Bersama Petani Laksanakan Gropyokan Tikus

Anggota Koramil Karangjati Bersama Petani Laksanakan Gropyokan Tikus

Ngawi , Indonesia-jaya. Com– Sebagai upaya memberantas hama tikus dilahan pertanian persawahan Desa Sembung Kecamatan Karangjati bersama petani dibantu anggota Koramil 0805/05 Karangjati melaksanakan Gropyok Tikus di lokasi persawahan Poktani Makmur Jaya Desa Sembung, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, Jum’at (07/06/2024).

Babinsa Koramil 0805/05 Karangjati Sertu Siswandi bersama petani langsung terjun ke sawah untuk mengendalikan populasi hama tikus agar tidak berkembang biak. Sebab, tikus mampu merusak padi yang sedang tumbuh di areal persawahan.

Sertu Siswandi menyampaikan, pada masa tanam seperti ini, para petani harus mewaspadai serangan hama tikus. Babinsa memang harus tanggap terhadap situasi yang ada agar petani tidak gagal panen.

Dengan dilaksanakannya kegiatan, diharapkan hama tikus diwilayah Desa Sembung dan sekitarnya dapat berkurang dan dapat meningkatkan hasil Pertanian, untuk percepatan swasembada pangan khususnya di Kecamatan Karangjati.

Menurutnya, kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sebagai wujud pendampingan TNI kepada para petani. Meski menggunakan peralatan seadanya, babinsa bersama PPL dan para petani padi dapat memaksimalkan hasil tangkapan hama tikus ini,”terangnya.

Kades Sembung yang mengikuti kegiatan tersebut menambahkan, upaya perang terhadap hama tikus sawah ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan hasil panen petani di Desa Sembung.

Dengan adanya pendampingan dari Babinsa Koramil Karangjati dan petugas PPL secara berkelanjutan kami optimis akan mendapatkan hasil panen terbaik tahun ini. Sebagai buktinya dalam gropyok sawah bersama ini kami berhasil menangkap sekitar 75 ekor tikus dengan peralatan seadanya.(Lina)